Bidang Kerja Divisi

Bidang Kerja Divisi

Dalam hal menjalankan tugas dan fungsi, maka dalam pelaksanaan tugas dibentuk divisi yang membidangi tugas dan program kerja masing-masing sesuai bidang kompetensi dan dikelola dengan profesional. Secara umum tiap divisi bertugas menyusun rencana pelaksanaan tugas dan fungsi utama, serta tugas-tugas lain yang diberikan oleh atasan.

Tugas Divisi-Divisi UPT Teknologi Informasi dan Komunikasi

Secara umum tiap divisi bertugas menyusun Rencana Pelaksanaan Tugas dan Fungsi Utama, serta tugas-tugas lain yang diberikan oleh atasan.

Divisi Infrastruktur Jaringan dan Teknologi Informasi

  1. Melakukan perancangan, pengelolaan, dan pengembangan infrastruktur jaringan dan teknologi informasi di lingkungan ISI Surakarta.
  2. Melakukan perancangan, standarisasi, dan pengelolaan keamanan sistem perangkat jaringan baik dari sisi hardware maupun software yang disesuaikan dengan perkembangan teknologi secara global.
  3. Menyusun dan mengelola pengembangan sistem pencadangan data/backup sistem dan manajemen ekosistem perangkat data center.
  4. Pengelolaan layanan teknologi informasi dan telekomunikasi lainnya (misal: e-mail, voIP, video converence, website CMS, dsb).
  5. Menyusun dan mengelola pengembangan keahlian dan ketrampilan SDM secara berkala.
  6. Membuat laporan pelaksanaan kegiatan dan melaksanakan tugas lain yang diperintahkan oleh atasan sesuai dengan tugas dan fungsinya.

Divisi Pengembangan Sistem Informasi dan Integrasi Data

  1. Melakukan perancangan, pengembangan, serta implementasi sistem informasi dan integrasi data.
  2. Melakukan pemeliharaan dan peningkatan atas sistem informasi yang sudah berjalan di ISI Surakarta.
  3. Malakukan standarisasi pengembangan sistem informasi, pemanfaatan data dan kebutuhan akses informasi.
  4. Melakukan koordinasi penyelarasan data dan informasi bagi sivitas akademika dan stakeholder, serta mengimplementasikan pangkalan data secara terpusat di lingkungan ISI Surakarta.
  5. Mengintegrasikan layanan sistem informasi terpadu ISI Surakarta, dan manajemen penyelarasan data dengan sistem eksternal (misal: PDPT, Simlitabmas DIKTI, dsb).
  6. Melakukan integrasi pengembangan layanan sistem informasi berbasis multimedia, serta digitalisasi aset dokumen seni, foto, audio, video sebagai sarana edukasi.
  7. Menyusun dan mengelola pengembangan keahlian dan ketrampilan SDM secara berkala.
  8. Membuat laporan pelaksanaan kegiatan dan melaksanakan tugas lain yang diperintahkan oleh atasan sesuai dengan tugas dan fungsinya.

Divisi Research Development

  1. Menyusun analisisa dan rencana strategis pengembangan pengelolaan sistem informasi dan infrastruktur jaringan ISI Surakarta.
  2. Melakukan riset dan merumuskan rencana induk integrasi sistem informasi, serta mengidentifikasi isu atau kendala dalam penerapan sistem informasi dan teknologi informasi di ISI Surakarta.
  3. Menyusun strategi pengembangan keselarasan layanan sistem informasi dan teknologi informasi di ISI Surakarta.
  4. Melaksanakan konsolidasi dan peningkatan partisipasi sivitas akademika ISI Surakarta terhadap pemanfaatan SI/TI dan mewujudkan perguruan tinggi yang openless secara elektronik.
  5. Menyusun dan mengelola pengembangan keahlian dan ketrampilan SDM secara berkala.
  6. Membuat laporan pelaksanaan kegiatan dan melaksanakan tugas lain yang diperintahkan oleh atasan sesuai dengan tugas dan fungsinya.

Divisi Administrasi dan Umum

  1. Menyusun perencanaan dan pengelolaan kegiatan tata kelola administrasi, keuangan, dan kepegawaian.
  2. Menyusun dan atau/ mengelola tata kelola dokumen, juknis, tata peraturan, standar prosedur unit kerja.
  3. Mengelola keberadaan sarana dan prasarana perkantoran, serta menyusun usulan pemeliharaan/perbaikan/penambahan sarana dan prasarana ke unit terkait.
  4. Menyusun dan mengelola pengembangan keahlian dan ketrampilan SDM secara berkala.
  5. Membuat laporan pelaksanaan kegiatan dan melaksanakan tugas lain yang diperintahkan oleh atasan sesuai dengan tugas dan fungsinya.