Komposisi Pengguna Internet ISI Surakarta

Komposisi Pengguna Internet Berdasarkan Device dengan Media Wireless di Lingkungan ISI Surakarta.

 

Komposisi perangkat mobile di Indonesia sudah meningkat dengan pesat dalam beberapa tahun terakhir. Hal ini menandakan bahwa setidaknya satu orang saat memiliki satu perangkat mobile smartphone yang selalu dibawa kemanapun dia pergi. Bagi sivitas kampus tentu tidak asing dalam beraktivitas menggunakan perangkat mobile untuk menunjang komunikasi dan memanfaatkan internet.

Perkembangan koneksi wireless dan sebaran titik hotspot di lingkungan ISI Surakarta juga mengalami peningkatan yang cukup signifikan. Jangkauan koneksi wireless di ISI Surakarta sudah menyebar di area gedung kampus 1 dan 2, hal tersebut juga turut mengubah kebiasaan konektivitas pengguna yang sebelumnya didominasi deskstop PC dan laptop, kini berpindah ke device mobile berbasis smartphone.

Atas pertumbuhan pengguna wireless di ISI Surakarta memberikan efek domino terhadap kesiapan infrastruktur yang ada. Dimana cakupan makin kompleks karena dalam sebuah perangkat aktif acccess point memiliki keterbatasan jumlah pengguna yang aktif dalam waktu yang bersamaan. Dijumpai beberapa tempat sering terjadi penumpukan pengguna sehingga menyebabkan perangkat access point blank dan mengganggu interkoneksi terhadap pengguna. Hal tersebut yang terus diupayakan oleh UPT. TIK untuk upgrade perangkat access point yang ada ke sepesifikasi yang sudah support high density, sehingga isu overload jumlah pengguna dapat teratasi.

Komposisi pengguna internet di ISI Surakarta di dominasi oleh pengguna smartphone, seperti info grafis dibawah ini.

(data diambil dari 5 perangkat access point yang tersebar di kampus 1 dan 2, pada tanggal 16 Nopember 2017, pukul 11.00 WIB).