Profil UPT. TIK

UPT. Pusat Informatika (Pustika) ISI Surakarta yang terbentuk di bulan Desember 2008 ─ Januari 2009 ini merupakan perluasan peningkatan status dan pengembangan fungsi dari Pusat Komputer (Puskom) di masa STSI Surakarta kini bertransformasi menjadi UPT. Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) Institut Seni Indonesia Surakarta, sesuai Permenristekdikti No 17 2016 Tentang OTK ISI Surakarta.

UPT. TIK merupakan satuan pelaksana teknis di bidang pengembangan dan pengelolaan teknologi informasi serta komunikasi, dipimpin oleh kepala  yang berada di bawah dan bertanggung jawab langsung kepada Rektor ISI Surakarta dan dikoordinasikan oleh Wakil Rektor I (Bidang Akademik) sesuai dengan Pasal 80.

TUPOKSI
UPT. Teknologi Informasi dan Komunikasi secara umum mempunyai tugas melaksanakan, pengembangan, pengelolaan, dan pemberian layanan teknologi informasi dan komunikasi serta pengelolaan sistem informasi dan jaringan, sesuai dengan Pasal 81. Selanjutnya UPT Teknologi Informasi dan Komunikasi menyelenggarakan fungsi :

  • penyusunan rencana, program, dan anggaran UPT;
  • pengembangan teknologi informasi dan komunikasi;
  • pengelolaan teknologi informasi dan komunikasi;
  • pemberian layanan di bidang teknologi informasi dan komunikasi;
  • pengembangan dan pengelolaan sistem informasi dan komunikasi;
  • pengembangan dan pengelolaan jaringan;
  • pemeliharaan dan perbaikan jaringan; dan
  • pelaksanaan urusan tata usaha UPT.

sesuai dengan Pasal 82.

 

LAYANAN

UPT. TIK menempati gedung Akademik koridor lantai 3 di kampus  I Kentingan. Dalam menjalankan fungsinya UPT. TIK di dukung prasarana meliputi satu ruang server, kantor administrasi dan  tenaga teknis, satu ruang maintenance, serta satu ruang pimpinan. TIK memberikan layanan data dan informasi, Fasilitas pendukung pembelajaran yang dikembangkan  meliputi :

  1. Video Tele Conference (Vicon), dilengkapi dengan teknologi vicon  (Tandberg M4800, LCD Projector Nec VT590G, Screen, LCD-TV Samsung 92 inchi) dan ruang ber-AC yang sangat memadai.
  2. Anjungan Internet, dilengkapi dengan unit komputer, yang dapat dipergunakan oleh dosen dan mahasiswa secara cuma-cuma (Gratis). Anjungan internet ditempatkan di tiap perpustakaan baik pusat maupun jurusan masing-masing satu unit komputer. Namun semenjak akhir 2010 anjungan internet di distribusikan di beberapa fakultas / prodi masing-masing.
  3. Hotspot, jaringan koneksi internet nirkabel disediakan beberapa tempat/area strategis baik di Kampus I dan Kampus II free akses, meliputi  :
    – Gedung rektorat,
    – Taman Eden-ruang lobi pascasarjana,
    – Ruang lobi Fakultas Seni Rupa dan Desain (Mojosongo),
    – Kompleks Fakultas Seni Pertunjukan,
    – Ruang lobi Prodi Televisi dan Film,
    – Ruang lobi Prodi Etnomusikologi,
    – Ruang lobi Prodi Pedalangan,
    – Ruang lobi Prodi Tari,
    – Ruang lobi Prodi Kriya Seni,
    – Ruang lobi Prodi Desain Interior (Mojosongo),
    – Ruang dosen Prodi Senirupa Murni,
    – Ruang lobi TV Kampus,
    – dan masih banyak ruang/gedung yang lainnya.
  4. Koneksi Internet, semua unit dan jurusan/prodi telah dikoneksikan dalam jaringan internet dan intranet untuk memperlancar lalu lintas data dan informasi.
  5. E-Learning, dalam mendukung program P2AI, Pustika menyajikan bahan ajar/pembelajaran online yang dapat diakses mahasiswa dan masyarakat dari manapun.
  6. Sistem Informasi Terpadu (SIPADU), saat ini Pustika sedang mengembangkan integrated information system baik mencakup sistem informasi akademik, sistem informasi kepegawaian, maupun sistem informasi sarana-prasarana yang dapat diakses oleh segenap sivitas akademika ISI Surakarta.
  7. Email dan Blog (personal website), saat ini telah dikembangkan bagi Dosen dan Staf ISI Surakarta yang bertujuan untuk media pembelajaran, meningkatkan kreatifitas dan membudayakan berbagi informasi.