Pustika Upgrade UPS 10KVa di Tahun 2015

Pada pertengahan bulan april 2015 ini UPT. Pusat Informatika ISI Surakarta telah menyelesaikan upgrade perangkat UPS yang dilaksanakan oleh pihak Penyedia Barang/Jasa. Perangkat tersebut berfungsi untuk membackup kelistrikan apabila terjadi pemadaman listrik dari PLN, dimana genset yang sudah dimiliki ISI Surakarta sudah tidak mampu mengcover kebutuhan listrik.

Perangkat UPS Server yang ada di NOC Data Center mempunyai kapasitas 10KVa dengan dukungan 15 Pcs baterai eksternal yang dapat ditambah lagi untuk memaksimalkan jangka waktu backup, setelah di uji coba dengan beban load rata-rata 3000Watt, UPS tersebut mampu membackup sekitar 6-7,5 Jam, sehingga jika terjadi pemadaman dalam jangka waktu tersebut perangkat di data center masih bisa menyala, tidak seperti keadaan sebelumnya dimana hanya mampu bertahan tidak lebih dari 1 jam.

IMG20150417175244

Selain itu juga dipasang UPS Distribution yang dipasang di beberapa gedung baik di Kampus I dan Kampus II total sebanyak 9 Unit untuk backup listrik perangkat swicth access, perangkat UPS memiliki kapasitas @750Va dengan 1 Pcs baterai eksternal (kapasitas baterai juga dapat ditambah lagi), hasil uji coba perangkat tersebut mampu bertahan 6-7 jam dengan beban load rata-rata 150 watt, dan bahkan ada di salah satu gedung mampu bertahan sampai 10 jam.

IMG20150408123207

Adanya peningkatan UPS diharapkan layanan akses di ISI Surakarta tidak terhenti ketika terjadi pemadaman listrik dari PLN, dan dengan adanya perangkat UPS tersebut juga akan mengurangi resiko kerusakan karena mati listrik/lonjakan listrik dan tidak stabilnya tegangan listrik sehingga berdampak pada perangkat yang ada. Dan pada tahap berikutnya penambahan UPS Distribution dapat di setujui oleh pihak pimpinan karena belum semua gedung dapat jatah UPS karena keterbatasan anggaran yang ada.