Gangguan Teknis Koneksi Internet

Gangguan Teknis Koneksi Internet ISI Surakarta

 

Menindak lanjuti beberapa masukan / laporan adanya gangguan koneksi internet di beberapa satuan unit kerja ISI Surakarta. Setelah tim teknis UPT. Pusat Informatika (PUSTIKA) melakukan kajian secara mendalam dan melaksanakan kunjungan langsung ke satuan kerja terkait, dengan ini memberitahukan bahwa :

1. Beberapa bulan yang lalu terjadi gangguan saat akan mendownload file attachment dari email gagal / tidak berhasil, setelah dilakukan pengecekan secara seksama, disimpulkan bahwa gangguan tersebut memang terjadi akibat ada gangguan pada perangkat server  proxy internal UPT. Pustika, namun gangguan tersebut sudah dapat ditangani dan sudah berjalan normal kembali, namun bagi yang belum normal dimungkinkan terjadi seperti point ke-2 dibawah ini.

2. Beberapa pengguna koneksi internet tidak bisa untuk download, setelah dilakukan pengecekan ternyata komputer bersangkutan terdapat program download manager dari pihak ke -3 seperti (internet download manager, dsb..), dari Tim Pustika merekomendasikan agar tidak menggunakan program download manager dari pihak ke 3 apalagi yang bersifat berbayar / lisensi, sebab beberapa kasus yang terjadi setelah masa trial 30 hari program sejenis ini akan berhenti beroperasi sebelum melakukan pembelian lisensi, sehingga proses download file otomatis terganggu oleh program jenis ini. selain itu disarankan segera update browser apabila ada revisi terbaru.

3. Beberapa juga mengeluhkan download terasa lambat. Kami beritahukan bahwa saat ini posisi bandwith yang dilanggan oleh ISI Surakarta adalah 7 Mbps, bandwith sekian digunakan untuk mencover seluruh kebutuhan koneksi internet di ISI Surakarta ( Kampus Kentingan – Kampus Mojosongo – Kampus Kepatihan) sekaligus untuk memenuhi kebutuhan server ISI Surakarta. Dengan bandwith sekian beberapa kebutuhan dimungkinkan kurang optimalnya distribusi bandwith secara merata karena memang ada keterbatasan resources / sumber daya bandwith yang dimiliki ISI Surakarta. Selain hal tersebut perlu juga diperhatikan server tujuan (file tersebut berasal dari mana? menjadi penting karena menentukan kelancaran transaksi), server tujuan download satu dengan yang lain memiliki karakteristik yang berbeda (diluar asumsi server dalam negeri atau internasional) terkadang beberapa server domestik pun mempunyai limit bandwith kecil sehingga saat download lambat meskipun bandwith kita sudah besar ( ilustrasi = download file 100 Mb dari server tujuan domestik yang memiliki maks limit bandwith 1Mbps, meskipun bandwith yang dimiliki untuk download adalah 7Mbps tidak  mungkin kita mendapatkan akses untuk download file tersebut lebih dari 1 Mbps, apalagi bila server tujuan sedang padat), namun tim Pustika senantiasa berusaha mengoptimalkan resources yang dimiliki dengan selalu berkoordinasi dengan ISP yang dilanggan ISI Surakarta.

Segenap tim UPT. Pusat Informatika mohon maaf atas ketidaknyamanan yang terjadi, dan senantiasa kami terus meningkatkan pelayanan yang terbaik bagi ISI Surakarta. Namun disisi lain kami juga mohon dukungannya selalu karena memang banyak sekali kendala internal yang kami hadapi, seperti terbatasnya perangkat server, perangkat router, minimnya perangkat proxy, serta beberapa perangkat jaringan lainnya yang berusia tidak BALITA lagi, serta terbatasnya sumber daya manusia yang ada.