Realisasi Maintenance Backbone Internet Kampus Kentingan – Mojosongo

Realisasi Maintenance Backbone Internet Kampus Kentingan – Mojosongo

Setelah terjadi kerusakan di jalur penghubung utama kampus Kentingan menuju kampus Mojosongo ISI Surakarta pada akhir bulan maret lalu, akhirnya atas kerja keras dari Ka. UPT. Pusat Informatika Ranang AS, S.Pd., M.Sn berhasil mendapatkan anggaran untuk perbaikan terhadap perangkat yang rusak.

Alhasil dimulai pada tanggal 11 April 2011 s.d 13 April 2011 perbaikan/penggantian paket wireless access point yang rusak akibat gangguan elektromagnet sudah dilakukan dan saat ini sudah selesai. Perbaikan dilakukan tim UPT. Pustika ISI Surakarta yaitu : Dony Yuwono (mandor IT), Chandra Aan Setiawan, dan Ade Hidayat Santoso. Mengingat tingkat kesulitan dan banyak kendala di lapangan, maka tim Pustika menggandeng SoloNet (ISP) sebagai konsultan sekaligus membantu dalam finalisasi perbaikan, tentu hal ini dimaksudkan agar didapat hasil yang optimal.

Realisasi perbaikan memang sempat mengalami kendala, karena saat test perform saat peralatan masih dibawah semuanya lancar, namun sesaat setelah terpasang di tower, dan dilakukan ujicoba alat tersebut mengalami eror dan terpaksa harus diganti dengan perangkat baru, sehingga tim Pustika dan Tim SoloNet harus berkerja ekstra dalam menangani kendala tersebut. Namun kelelahan karena kendala tersebut akhirnya terbayar setelah dilakukan ujicoba kedua sudah tidak ada kendala lagi, dan saat ini tim pustika tinggal melakukan monitoring secara berkala, ditambah masih ada satu alat sebagai backup apabila ada gangguan.